Enter your keyword

Penelitian

PENELITIAN DI BIDANG JURUSAN TEKNIK INDUSTRI

Universitas Jenderal Achmad Yani

Program Studi S-1 Teknik Industri di Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) pada dasarnya memiliki fokus di industri manufaktur. Pengertian industri manufaktur adalah industri pengolahan, yaitu suatu usaha yang mengolah/mengubah bahan mentah menjadi barang jadi ataupun barang setengah jadi yang mempunyai nilai tambah, yang dilakukan secara mekanis dengan mesin, ataupun tanpa menggunakan mesin (manual). (BPS : 2008)

Teknik Industri di UNJANI tidak terlepas dari berbagai macam sistem yang dibahas selain sistem manufaktur, terdapat beberapa bidang lainnya yang dibahas di Program Studi S-1 Teknik Industri Kami. Adapun penjurusan yang ada di Teknik Industri UNJANI yaitu Sistem Manufaktur yang telah dibahas sebelumnya, kemudian Sistem Kerja dan Ergonomi, dan Sistem Manajemen Bisnis.

Pada umumnya memang keilmuan Teknik Industri merupakan bidang dengan pembahasan suatu persoalan yang memiliki ruang lingkup sangat kompleks dan tidak mempertimbangkan suatu hal hanya dari satu sisi saja, jika terdapat Symptom pada salah satu bagian seorang ahli Teknik Industri selalu memandang adanya keterkaitan antara bagian yang terdapat Symptom dan bagian bagian sistem lainnya, bisa saja pusat masalah berada pada bagian lainnya.

Penelitian yang biasa dibahas oleh seorang ahli Teknik Industri adalah penelitian yang berkaitan dengan perancangan, instalasi, dan perbaikan suatu sistem terintegrasi. Sebagai ahli Teknik Industri tentu selalu memiliki tugas untuk terus berkarya dan mengimplementasikan ilmunya hingga berguna untuk masyarakat. Pada dasarnya setiap kegiatan yang ada pada lingkungan Perguruan Tinggi harus memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tri Dharma Perguruan Tinggi:

1. PENDIDIKAN

2. PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

3. PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Penelitian tentang sistem manufaktur yang mengkaji dan mengimplementasikan perancangan atau perbaikan sistem manufakur demi meningkatkan produktifitas dan capaian lainnya dalam sistem manufaktur.

Penelitian yang membahas dan mengimplementasikan ilmu tentang sistem kerja dan ergonomi yang tentunya berperan untuk memperbaiki sistem kerja untuk mencapai EASNE(Efisien, Aman, Sehat, Nyaman, Efektif).

Penelitian yang mengkaji dan mengimplementasikan ilmu manajemen bisnis. Yaitu bagaimana merencanakan, mengeksekusi dan memanajemen suatu bisnis dari awal sampai akhir.